Event Organizer Papua Barat 2019, Pertamina DPPU DEO Sorong

PT Pertamina (Persero) secara resmi mengoperasikan Depot Pengisian Pesawat Udara Bandara Domine Eduard Osok (DPPU DEO) Sorong, Kamis (21/11). Fasilitas ini akan mendukung tren kenaikan penerbangan di wilayah timur Indonesia.

Acara peresmian digelar di Kantor DPPU DEO Sorong, Kompleks Bandara Domine Eduard Osok Kota Sorong. Peresmian tersebut dilakukan oleh Vice President Operation & Services Pertamina, Kusumo Wibowo, didampingi oleh Vice President Reliability & Project Development Pertamina, Budi YP Hutagaol, General Manager Marketing Operation Region VIII Pertamina, Gema Iriandus Pahalawan, serta Asisten I Walikota Sorong, Rachman.

Fasilitas DPPU tersebut meliputi 3 tangki avtur dengan kapasitas 500 KL, tangki air dengan kapasitas 700 KL, 4 pompa dengan volume aliran 70 meter kubik per jam, filter separator, Terminal Automation System, civil facilities (gedung kantor dan bangunan penunjang lainnya), serta HSSE facilities (pemadam kebakaran, pipa dan pompa kebakaran, dsb).

Kusumo menyampaikan bahwa instalasi DPPU DEO Sorong merupakan komitmen nyata dari peningkatan pelayanan Pertamina kepada konsumen di wilayah Indonesia Timur. Apalagi, wilayah Sorong memiliki peranan yang penting sebagai salah satu pintu gerbang dan destinasi utama di kawasan Timur Indonesia.

“Selain sebagai penghubung dengan wilayah-wilayah lain di Papua Barat, keberadaan Bandara DEO Sorong sangat mepengaruhi pertumbuhan penerbangan karena pariwisata yang sedang berkembang. Oleh karena itu, proyek pengembangan DPPU DEO Sorong ini oleh Pertamina diharapkan dapat mendukung perkembangan dunia aviasi/penerbangan di wilayah Timur Indonesia,” paparnya.

Proyek pengembangan DPPU DEO Sorong disetujui tahun 2016 silam untuk mengimbangi tren peningkatan volume sales Avtur di Bandara DEO Sorong. Proyek pengembangan ini telah selesai awal Nopember 2019, dengan nilai investasi sebesar Rp 112 miliar.

Komentar Anda